Seorang marketing manager sering kali terlibat dalam pengambilan
keputusan mengenai marketing strategi perusahaan, misalnya mengenai
harga, advertising, distribusi dan keputusan – keputusan lainnya. Untuk
dapat mengambil keputusan secara tepat maka ia memerlukan berbagai
informasi yang relevan. Salah satu cara untuk membantu manager dalam
pengambilan keputusan adalah marketing information system.
1. Definisi
System : Interaksi secara teratur atau sekelompok
bagian – bagian yang saling bergantung yang membentuk suatu kesatuan
secara menyeluruh.
Marketing Information System
adalah sebuah struktur, interaksi yang kompleks antara manusia, mesin
dan prosedur yang dimaksud untuk mengumpulkan, meneliti, menganalisa,
mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang tepat untuk dipakai
dalam pengambilan keputusan pemasaran untuk memperbaiki marketing
planning dan imolementasi serta pengendaliannya.
2. Faktor penyebab pentingnya Marketing Information System
a. Marketing proses dewasa ini sangat komplex
b. Perkembangan yang terjadi pada konsumen terjadi sangat cepat
c. Terlalu banyak data yang ada di perusahaan sehingga perlu marketing information system
d. Perlu time efficiency.
Sumber: http://kuliah-santai.blogspot.com/2012/05/definisi-dan-faktor-pentingnya.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar